Wednesday 15 June 2016

Tutorial mengatasi blank screen pada windows 8/8.1

halo sob berjumpa kembali dengan saya .. pagi yang indah ini kurang afdol kalo tidak memposting sesuatu di blog .. jadi saya berniat untuk memposting tutorial mengatasi blank screen pada windows 8/8.1 jika kalian pengguna windows 8 pasti tidak asing dengan masalah yang satu ini .. baik mari kita lanjut ke tutorial
Cara Pertama : Uninstall Aplikasi atau Update Windows yang Bermasalah
Apakah Blank Screen muncul ketika anda baru saja menginstall Aplikasi atau menerima Update Windows secara Online? Jika demikian, Uninstall Aplikasi/update windows tersebut dengan cara :

  1. Hidupkan Komputer/laptop anda dan login sebagai Administrator, kemudian tunggu hingga layar hitam tampil.
  2. Ketikkan CTRL + ALT + DEL pada keyboard, dan pilih Task Manager
  3. (Untuk pengguna Windows 8.1) Klik More Details




  4. Pilih menu File > Run new task dan ketik appwiz.cpl pada kotak dialog Create new task
  5. Selanjutnya akan muncul tampilan Programs and Features, silahkan cari aplikasi yang baru saja di install dan menurut anda adalah menjadi penyebab Windows 8/8.1 menjadi bermasalah. 
    Jika ingin menghapus update Windows, maka dari sini juga anda dapat menghapusnya dengan cara pilih menu View Installed Update, lalu cari dan klik kanan untuk meng uninstall update Windows terbaru yang bermasalah tersebut.
  6. Kembali ke Task Manager.Buka lagi menu File > Run new task lalu ketik shutdown /r (untuk me-restart komputer) di kotak dialog Create new task. Klik tombol Ok dan komputer/laptop akan restart.

Dalam sejumlah kasus, beberapa aplikasi misalnya seperti StartIsBack dan Lucid Virtu MVP, serta update Windows 8/8.1 terbaru seperti KB2982791 atau KB2975719, memang terkadang membuat Windows anda menjadi bermasalah.


Cara Kedua : Nonaktifkan App Readiness
Ini adalah cara khusus bagi anda yang mendapatkan masalah layar hitam muncul hanya ketika komputer/laptop usai direstart, hibernate, atau logout (Bukan saat pertama kali dinyalakan/booting). 
  1. Pada tampilan layar hitam, coba tunggu selama 5-10 menit, biasanya nanti anda muncul sendiri tampilan desktop atau start screen Windows 8.1 di komputer. 
  2. Setelah masuk ke tampilan desktop atau start screen, tekan kombinasi tombol CTRL + ALT + DEL lalu pilih Task Manager. 
  3. Pada tampilan Task Manager, silahkan pilih lagi tab Service dan dari situ silahkan hilangkan centang pada pilihan App Readiness. 
  4. Restart komputer anda, lalu lihat hasilnya. 

Cara Ketiga : Disable atau Mengembalikan Driver Adapter

Masalah umum sering terjadi pada driver adapter komputer/laptop yang tidak kompatibel dengan Windows 8 atau update terbaru Windows 8.1. Jadi selusinya silahkan disable sementara driver adapter nya atau mengembalikan driver lama dengan cara roll back.

1. Silahkan masuk ke Safe Mode, dengan cara
  • Pada tampilan layar komputer yang berwarna hitam, Tekan tombol Shift + F8 dikeyboard selama beberapa detik hingga tampilan Choose an Option muncul. 
  • Pada tampilan Choose an Option pilih pengaturan Troubleshoot > Advanced Options > Startup Settings > Restart. 
  • Pada saat proses restart sedang berjalan, segera tekan tombol keyboard F4 untuk masuk ke Save Mode. 
2. Ketika komputer windows telah masuk ke save mode, silahkan login sebagai Administrator lalu masuk ke Control Panel > System > Device Manager. 

3. Di halaman Device Manager, pilih menu Display adapter lalu cari dan klik kanan driver komputer, dalam hal ini dicontohkan ialah Mobile Inter(R) 965, lalu Disable. (Jika driver adapter lebih dari satu, maka disable saja semuanya).

Ingat, Jika munculnya layar hitam disebabkan karena anda baru saja menginstall sebuah update Windows 8/8.1, maka tidak perlu di disable, tapi lakukan role back dengan memilh menu Properties, setelah itu pilih tab Driver lalu klik tombol Roll Back Driver.
4. Setelah semuanya usai, coba restart ulang komputer lalu lihat hasilnya.
    Ingat jika dengan metode ini berhasil mengatasi masalah Windows, maka setelahnya anda tetap harus melakukan update driver adapter terbaru sesuai dengan jenis hardware komputer/laptop.


    Cara Keempat : Install Patch Windows

    Microsoft pernah merilis sebuah patch untuk mengatasi masalah black screen atau layar hitam di Windows 8. Adapun patch tersebut ialah update KB2756872, Jadi coba install patch tesebut. Namun ingat saya tidak tahu apakah patch tesebut juga akan berfungsi di Windows 8.1.
    - See more at: http://cyberconnex.blogspot.co.id/2015/05/mengatasi-blank-screen-layar-hitam-di.html#sthash.2QsCDBsM.dpuf

    terimakasih sudah berkunjung .. kalau cara diatas kurang di mengerti silahkan berkomentar di bawah .. :)

    Artikel Terkait

    Tutorial mengatasi blank screen pada windows 8/8.1
    4/ 5
    Oleh

    Berlangganan

    Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email